Toffin App dari Toffin Indonesia Bantu Bisnis F&B Jadi Mudah

Kompas.com - 26/02/2024, 12:46 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

Saat ini, tidak sulit menemukan software F&B yang menyediakan solusi komprehensif. Salah satunya, Toffin App F&B Business Service.Dok. Toffin Saat ini, tidak sulit menemukan software F&B yang menyediakan solusi komprehensif. Salah satunya, Toffin App F&B Business Service.

KOMPAS.com – Industri makanan dan minuman ( food and beverage/F&B) Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat. Keuntungan menjanjikan pun mengikuti para pelaku industri ini.

Pada 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai transaksi industri F&B di Tanah Air mencapai Rp 4.489,7 triliun atau meningkat 5,25 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, dalam laporan e-Conomy SEA 2021 yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company, pertumbuhan industri F&B Indonesia diprediksi akan terus berlanjut hingga mencapai 16,8 miliar dollar AS pada 2025.

Adapun tren positif itu didorong oleh sejumlah faktor, di antaranya progres ekonomi yang stabil, eskalasi daya beli masyarakat, serta perkembangan teknologi.

Masyarakat kini lebih memilih makanan dan minuman berkualitas dan bervariasi, serta praktis, sehat, dan inovatif. Sementara itu, teknologi memudahkan akses informasi dan pemesanan, serta membantu pelaku bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional

Bagi Anda yang berencana berbisnis, baik pemula maupun profesional, dunia F&B patut untuk dipertimbangkan. Apalagi, industri ini menawarkan jenis usaha yang beragam sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan, mulai dari bisnis kuliner, bisnis bahan baku, hingga bisnis jasa.

Sebagai contoh, Anda bisa membuka kedai kopi, restoran, kafe, atau gelato.

Pemanfaatan teknologi perangkat lunak untuk kembangkan bisnis F&B

Di balik pertumbuhan yang pesat, terdapat kompleksitas dan persaingan ketat dalam bisnis F&B. Dalam menghadapi tantangan ini sekaligus mengoptimalkan operasional, para pelaku usaha makanan dan minuman, termasuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), perlu melirik penggunaan perangkat lunak atau software khusus.

Penggunaan software khusus untuk F&B akan membantu pemilik bisnis dan operator restoran, kafe, bisnis kopi atau bisnis minuman dan makanan lainnya untuk mengelola berbagai aspek bisnis secara lebih efisien dan efektif.

Berikut adalah beberapa alasan software F&B sangat penting.

1. Peningkatan efisiensi operasional

Software F&B membantu pengelola bisnis meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin yang kerap memakan waktu bila dikerjakan secara manual. Contohnya, pengelolaan inventaris, pemesanan bahan baku, penggajian karyawan, dan manajemen stok.

Dengan otomatisasi, tim manajemen dapat lebih fokus pada strategi pengembangan bisnis. Bisnis pun bisa berjalan secara lebih efisien.

2. Sistem yang terintegrasi

Software F&B dapat terintegrasi dengan berbagai sistem penting dalam bisnis kuliner, seperti point of sales (POS), sistem pembayaran, dan sistem pemesanan online. Integrasi ini memungkinkan kelancaran dalam proses transaksi, pengelolaan pembayaran yang akurat, dan pemesanan yang efisien, baik melalui aplikasi mobile maupun website.

Dengan terintegrasinya sistem-sistem tersebut, pengelola bisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya dan meningkatkan tingkat kepuasan mereka.

3. Analisis data mendalam

Software F&B memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data operasional, seperti penjualan, persediaan, dan preferensi pelanggan. Informasi ini diolah untuk membantu pengelola bisnis mengambil keputusan yang lebih baik.

Contohnya, pengembangan menu yang lebih efektif, promosi yang tepat sasaran, dan strategi pemasaran yang lebih terarah. Dengan memahami tren dan preferensi pelanggan, bisnis dapat mengoptimalkan operasional dan meningkatkan keuntungan.

4. Manajemen pelanggan menjadi lebih baik

Perangkat lunak F&B dapat membantu proses manajemen pelanggan dengan menyimpan data pelanggan, preferensi, dan riwayat pembelian mereka.

Informasi tersebut memungkinkan pengelola bisnis untuk memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan, seperti penawaran khusus, diskon, atau program loyalitas. Hal ini membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan.

5. Pemantauan kinerja bisnis secara real-time

Software F&B menyediakan kemampuan untuk memantau kinerja bisnis secara langsung melalui dasbor dan laporan yang mudah diakses. Pemilik bisnis dapat melihat metrik penting, seperti penjualan harian, margin keuntungan, persentase penggunaan stok, dan biaya operasional.

Dengan pemantauan yang akurat dan cepat, pengelola bisnis dapat mengidentifikasi tren, mengatasi masalah, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Rekomendasi software untuk bisnis F&B

Tujuh fitur dan teknologi di Toffin App yang dapat mempermudah proses bisnis F&B.Dok. Toffin Tujuh fitur dan teknologi di Toffin App yang dapat mempermudah proses bisnis F&B.

Kemampuannya dalam meningkatkan efisiensi operasional, pengalaman pelanggan, dan pemahaman bisnis, menjadikan penggunaan software F&B esensial. Utamanya, di era digital saat ini. Banyaknya software F&B di pasaran menunjukkan kebutuhan tersebut.

Dengan menggunakan software F&B, bisnis pun memiliki alat kuat untuk mencapai keunggulan kompetitif dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Saat ini, tidak sulit menemukan software F&B yang menyediakan solusi komprehensif. Salah satunya, Toffin App F&B Business Service.

Toffin App adalah platform bisnis F&B digital ciptaan PT Toffin Indonesia yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di industri serupa. Platform ini hadir untuk membantu para pengusaha F&B, mulai dari pemula hingga profesional, dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Toffin App hadir sebagai solusi bagi para pelaku bisnis F&B yang dapat mengubah cara para pelaku usaha bisnis F&B dalam mengelola operasi usaha. Melalui fitur-fitur unggulan yang ada di Toffin App, para pengusaha F&B dapat mengoptimalkan proses interaksi dengan Toffin dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Produk-produk yang disediakan oleh Toffin App dapat digunakan oleh berbagai kategori bisnis usaha F&B. Di aplikasi ini pun tersedia bahan baku serta alat-alat untuk mengolahnya, seperti mesin kopi.

Salah satu keunggulan Toffin App adalah fokusnya pada penyempurnaan proses interaksi antara Toffin dan pelaku bisnis F&B.

Toffin berfokus memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik bagi para pelaku bisnis F&B. Tujuan utama perusahaan ini adalah menjadi partner bisnis ideal bagi semua pelaku bisnis F&B secara umum, bukan hanya sebagai satu-satunya solusi dalam bisnis kopi.

Jika dibandingkan aplikasi sejenis, Toffin App tidak hanya memberikan kemudahan dalam transaksi digital, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam mengoptimalkan proses bisnis F&B.

Toffin App pun mempunyai banyak kelebihan yang beragam sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis F&B.

()Dok. Toffin ()

 

Berikut adalah tujuh fitur dan teknologi di Toffin App yang dapat mempermudah proses bisnis F&B.

1. Personalized Order

Ini adalah fitur belanja personal dengan harga terbaik yang memungkinkan pengguna menemukan perlengkapan kelas dunia dengan harga kompetitif yang telah disepakati sebelumnya. Nikmati pengalaman belanja yang disesuaikan dengan preferensi Anda. Toffin App menyediakan segala kebutuhan dalam bisnis kopi, termasuk mesin kopi.

2. Artificial Intelligence Technology Recommendation

Fitur ini menghadirkan rekomendasi produk sesuai kebutuhan dengan teknologi artificial intelligence (AI). Temukan produk yang sesuai dengan bisnis Anda secara mudah dan efisien.

3. Service Credit Feature

Fitur ini memberikan kemudahan belanja jasa, seperti pelatihan barista atau pemanggilan teknisi untuk perawatan mesin. Fitur ini menyediakan deposit dalam bentuk rupiah yang dapat diisi ulang untuk belanja produk dan jasa dengan lebih hemat.

4. Interactive Feature

Lewat fitur ini, pengguna bisa bebas memilih expertise dan sales representative untuk berkonsultasi melalui live chat. Konsultasi bisa seputar produk, spesifikasi, atau konsultasi secara gratis melalui chat atau video call.

5. Toffin Personal Artificial Intelligence Assistant

Manfaatkan fitur asisten personal Toffin dengan teknologi AI GPT 3.5 Turbo untuk menyelesaikan masalah mesin dan mendapatkan resep minuman yang kreatif. Fitur ini menjadi solusi untuk menjawab semua permasalahan dan pertanyaan seputar mesin dan kreasi minuman.

6. Easy Tracking

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan live tracking guna mengecek perjalanan pesanan atau mengecek stok produk Toffin di semua cabang. Selain melihat perjalanan pesanan, fitur ini juga memuat informasi estimasi tibanya pesanan.

Seluruh informasi tersebut berpengaruh pada operasional bisnis F&B. Anda dapat mempersiapkan kebutuhan lainnya sebelum pesanan sampai. Dengan begitu, operasional bisnis dapat menjadi lebih efisien.

7. Warranty & Maintenance Service

Belanja dengan nyaman dengan jaminan perawatan dan perbaikan dari Toffin Indonesia. Seluruh produk yang dijual di Toffin App terjamin orisinal dan berkualitas, serta memberikan kepastian bagi setiap pelanggan.

Dengan fitur-fitur yang dimiliki, Toffin App menjadi solusi yang komprehensif bagi pelaku bisnis F&B untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan meraih kesuksesan yang lebih besar dalam era digital ini.

Toffin App membantu pelaku bisnis F&B menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola bisnis sehingga pebisnis dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

Kunjungi Toffin segera untuk mendapatkan layanan, produk, dan konsultasi yang profesional. Toffin menyediakan berbagai kebutuhan bisnis F&B, seperti oven dan kopi.

Konsultasikan langsung dengan Toffin untuk mengatasi permasalahan dan mengembangkan bisnis Anda. Rasakan pengalaman baru dalam mengelola bisnis F&B dengan lebih baik dan nikmati manfaatnya sekarang juga!

Unduh aplikasi Toffin di Play Store atau App Store.

Terkini Lainnya
630 Jemaah Umrah Berlebaran di Tanah Suci bersama Ustazah Oki Setiana Dewi
630 Jemaah Umrah Berlebaran di Tanah Suci bersama Ustazah Oki Setiana Dewi
KILAS UMKM
Eva Mulia Clinic Selenggarakan Clinic Gathering untuk Apresiasi Pengabdian Karyawan
Eva Mulia Clinic Selenggarakan Clinic Gathering untuk Apresiasi Pengabdian Karyawan
KILAS UMKM
PT Mitratani Dua Tujuh Berdayakan UMKM di Kabupaten Jember
PT Mitratani Dua Tujuh Berdayakan UMKM di Kabupaten Jember
KILAS UMKM
Utamakan Kualitas, Ariffurniture.co.id Hadirkan Furnitur Jepara Unggulan
Utamakan Kualitas, Ariffurniture.co.id Hadirkan Furnitur Jepara Unggulan
KILAS UMKM
Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya: Moisturizer Eva Mulia 3x Ceramide with 5% Niacinamide
Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya: Moisturizer Eva Mulia 3x Ceramide with 5% Niacinamide
KILAS UMKM
Semarakkan Ramadhan, Yuk Kenalan dengan Jenama Lokal Nueta
Semarakkan Ramadhan, Yuk Kenalan dengan Jenama Lokal Nueta
KILAS UMKM
Top Up Game Mudah Tanpa Ribet di Lapakreload.id, Solusi Tepercaya untuk Gamers
Top Up Game Mudah Tanpa Ribet di Lapakreload.id, Solusi Tepercaya untuk Gamers
KILAS UMKM
ISWHITE Berbagi Berkah Ramadhan kepada 300 Warga Kampung Pemulung
ISWHITE Berbagi Berkah Ramadhan kepada 300 Warga Kampung Pemulung
KILAS UMKM
RSH MEDIVET Jadi Standar Baru dalam Pelayanan Kesehatan Hewan di Indonesia
RSH MEDIVET Jadi Standar Baru dalam Pelayanan Kesehatan Hewan di Indonesia
KILAS UMKM
Hadirkan Inovasi Baru, Event THINK Bold Permudah Investor untuk Investasi Lebih Aman
Hadirkan Inovasi Baru, Event THINK Bold Permudah Investor untuk Investasi Lebih Aman
KILAS UMKM
Dukung Tumbuh Kembang Anak dan Keluarga, foxandbunny Hadirkan Toko Mainan Edukasi Anak di Jakarta
Dukung Tumbuh Kembang Anak dan Keluarga, foxandbunny Hadirkan Toko Mainan Edukasi Anak di Jakarta
KILAS UMKM
Mencari Sate Taichan Terbaik di Jakarta, Cobain 5 Lokasi Berikut
Mencari Sate Taichan Terbaik di Jakarta, Cobain 5 Lokasi Berikut
KILAS UMKM
Merek Pakaian Indonesia AVL Melebarkan Sayapnya ke Pasar Amerika Serikat
Merek Pakaian Indonesia AVL Melebarkan Sayapnya ke Pasar Amerika Serikat
KILAS UMKM
Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan
Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan
KILAS UMKM
Tampil di Jakarta International Jewelry Fair 2024, Rockologist Hadirkan Koleksi Cincin Eksotis
Tampil di Jakarta International Jewelry Fair 2024, Rockologist Hadirkan Koleksi Cincin Eksotis
KILAS UMKM

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke