Ingin Tingkatkan Skala Usaha? Berikut 17 Software ERP Terbaik untuk Bisnis

Kompas.com - 28/11/2023, 08:02 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

Perusahaan penyedia ERP, IDMETAFORA, mempersembahkan layanan konsultasi ERP yang menyeluruh bagi pelaku usaha untuk meningkatkan skala bisnis, mulai dari pemilihan solusi ERP yang sesuai hingga tahap implementasi dan dukungan pascaimplementasi. Dok. IDMETAFORA Perusahaan penyedia ERP, IDMETAFORA, mempersembahkan layanan konsultasi ERP yang menyeluruh bagi pelaku usaha untuk meningkatkan skala bisnis, mulai dari pemilihan solusi ERP yang sesuai hingga tahap implementasi dan dukungan pascaimplementasi.

KOMPAS.com – Seiring dengan perkembangan sektor bisnis, kelangsungan operasional dan pertumbuhan bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Merespons tren tersebut, enterprise resource planning ( ERP) hadir sebagai solusi strategis yang dapat mengintegrasikan berbagai aspek bisnis dalam satu platform.

Untuk diketahui, ERP merupakan teknologi yang dapat menjadi solusi untuk operasional bisnis perusahaan. Dalam implementasinya, ERP memungkinkan perusahaan melakukan otomatisasi serta memantau berbagai aktivitas, seperti pengelolaan persediaan, produksi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia (SDM) dalam satu sistem terintegrasi.

Tidak hanya itu, ERP juga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kecepatan pengambilan keputusan pemimpin bisnis.

Terkait hal itu, ada sejumlah perangkat lunak ERP yang dapat diaplikasikan, baik ERP dari dalam negeri maupun mancanegara. Pemilihan perangkat lunak ERP pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Lantas, apa saja perangkat lunak ERP yang dapat dipergunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis? Berikut 17 software ERP terbaik yang dapat dipertimbangkan.

Baca juga: Pengertian ERP: Kelemahan dan Kelebihan

1. IDMETAFORA ERP

IDMETAFORA ERP adalah perusahaan penyedia solusi ERP yang berpusat di Yogyakarta. Perusahaan aplikasi bisnis terintegrasi ini telah lama beroperasi serta bereputasi baik di Tanah Air. Perusahaan satu ini terbukti menjadi mitra yang andal dalam menyediakan solusi ERP yang terintegrasi dan efisien.

Adapun tim ahli IDMETAFORA memiliki pengalaman yang luas dalam mengimplementasikan solusi ERP di berbagai sektor, mulai dari industri manufaktur, distribusi, hingga ritel.

IDMETAFORA juga mempersembahkan layanan konsultasi ERP yang menyeluruh, mulai dari pemilihan solusi ERP yang sesuai hingga tahap implementasi dan dukungan pascaimplementasi.

Hal tersebut dihadirkan karena pihak ID.METAFORA menyadari bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan menerapkan solusi ERP dari IDMETAFORA, perusahaan Anda dapat mengoptimalkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tim IDMETAFORA tidak hanya menyediakan solusi teknologi, tetapi juga berperan aktif dalam memandu integrasi yang sesuai dengan kebutuhan unik perusahaan Anda yang tidak hanya bertujuan menjadi penyedia ERP yang andal, tetapi juga mitra jangka panjang yang memahami dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Framework ERP yang dimiliki oleh IDMETAFORA dirancang dengan baik untuk menangani perencanaan pengembangan yang kompleks. Dengan fokus pada skalabilitas dan adaptabilitas, IDMETAFORA tidak hanya memenuhi kebutuhan Anda saat ini, tetapi juga memberikan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Macam-macam Software untuk Browsing Internet yang Perlu Diketahui

Tidak hanya itu saja, IDMETAFORA juga memberikan keamanan bagi operasional dan keberlanjutan bisnis Anda. Dengan standar framework yang tinggi dengan melibatkan lapisan keamanan yang canggih, enkripsi data yang kuat, dan pemantauan terus-menerus, IDMETAFORA berkomitmen untuk melindungi integritas dan kerahasiaan informasi data bisnis Anda.

IDMETAFORA juga menyediakan layanan cloud ERP yang dapat memungkinkan tim Anda untuk bisa lebih cepat mendapatkan data update secara real-time dari setiap departemen bisnis. IDMETAFORA juga didesain sedemikian rupa untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik dan spesifik perusahaan Anda agar dapat meningkatkan efektivitas operasional dan memberikan nilai tambah yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

2. SAP Business One

Software ERP berikutnya adalah SAP Business One. Software ini terbilang canggih dengan menyediakan data bisnis, analisis, dan pelaporan yang komprehensif untuk perusahaan di berbagai bidang.

Selain mengelola penjualan, pembelian, inventaris, transaksi buku besar, serta informasi pelanggan dan pemasok, software SAP Business One menawarkan fitur untuk manajemen dan kolaborasi proyek.

Tidak hanya memberikan kontrol yang lebih baik atas operasional bisnis, SAP Business One juga membantu perusahaan merancang keputusan yang lebih cerdas terkait investasi masa depan.

Baca juga: Siswa JIS Kembangkan Software Kapal Nelayan Tenaga Angin dan Surya

Solusi tersebut menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek operasional perusahaan.

4. Ramco ERP

Ramco ERP merupakan sistem software bisnis yang menyajikan solusi menyeluruh untuk merencanakan, mengelola, dan mengintegrasikan berbagai proses operasional dalam suatu perusahaan.

Dengan menyediakan modul serta fitur yang beragam, platform tersebut juga dirancang untuk mendukung fungsi-fungsi penting, seperti penggajian, manajemen waktu, manajemen tenaga kerja kontrak, keuangan dan akuntansi, manajemen aset, manajemen transportasi, serta manajemen gudang.

5. Deskera

Deskera merupakan suatu rangkaian aplikasi manajemen perusahaan terintegrasi berbasis cloud. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda dalam mengotomatisasi tugas-tugas bisnis sehari-hari seperti pencatatan buku, manajemen stok, pemrosesan gaji, manajemen tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Meski Deskera melayani bisnis dari berbagai ukuran, Sebagian besar pelanggannya adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Perusahaan ini mengembangkan perangkat lunak berbasis cloud seperti ERP, manufacturing resource planning (MRP), customer relationship management (CRM), dan human resource management system (HRMS).

Baca juga: Jurusan Software Engineering: Prospek Kerja dan Pilihan Kampusnya

Selain itu, ada pula perangkat lunak project management (PM) dan learning management system (LMS). Dengan basis data yang dimiliki, Deskara menawarkan alat industri yang diperlukan untuk merancang solusi baru guna memenuhi kebutuhan basis pelanggan yang besar.

6. Tigernix ERP

Tigernix ERP merupakan suatu sistem ERP yang tangguh, fleksibel, aman, dan komprehensif. Tigernix ERP sendiri platform yang mudah digunakan dalam menyatukan semua proses bisnis perusahaan Anda.

Tigernix ERP bersifat kompleks tapi sederhana. Dengan lebih dari 200 modul yang dapat diperluas dan disesuaikan, Tigernix ERP memberikan berbagai fitur dan fungsi yang dapat mengintegrasikan serta mengotomatisasi semua proses bisnis Anda.

7. Brightpearl

Brightpearl merupakan sistem ERP berbasis cloud yang jamak digunakan untuk pembangunan toko dan grosir.

Tujuan utama dari sistem tersebut yaitu untuk mengautomatisasi back-office agar penjual dapat menggunakan waktu dan uang mereka untuk mengembangkan bisnis yang mereka buat.

Baca juga: Pengertian Commercial Software, Ciri-ciri, dan Contohnya

Tidak hanya itu, Brightpearl juga menawarkan sistem back-office yang terintegrasi, mencakup manajemen keuangan, inventaris dan manajemen pesanan penjualan, manajemen pembelian dan pemasok, serta CRM, Gudang, serta logistik.

8. Zoho ERP Custom

Zoho ERP Custom merupakan perangkat lunak ERP yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik bisnis setiap pelaku usaha.

Dalam implementasinya, Zoho ERP Custom memberikan pengguna kemampuan untuk membangun software ERP secara mandiri dan efisien, dengan sedikit atau tanpa melibatkan proses pengkodean yang rumit.

Zoho ERP Custom juga memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengelola, mengotomatisasi, dan mengintegrasikan berbagai sistem bisnis mereka.

Adapun opsi kustomisasi yang ditawarkan mencakup berbagai aspek operasional bisnis, mulai dari penjualan dan pemasaran hingga keuangan dan dukungan dari pelanggan.

Baca juga: Seberapa Menjanjikan Peluang Karier sebagai Software Developer di Era Digital?

9. Sage Intact

Perusahaan teknologi yang mumpuni untuk mendukung kemajuan bisnis pelaku usaha adalah Sage Intact. Perusahaan ini menyediakan beragam solusi bisnis, salah satunya ERP.

Lewat ERP, Sage Intact hadir untuk mendukung proses bisnis perusahaan kecil dan menengah secara global. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Sage Intact, yaitu skalabilitas. Perangkat lunak ini bertujuan untuk tumbuh seiring dengan lajunya perkembangan bisnis Anda.

Tidak hanya itu, Sage Intact juga memberikan dukungan yang kritis dan efektif untuk proses inti bisnis, seperti manufaktur, layanan pelanggan, business intelligence (BI), pengelolaan vendor, penjualan dan pemasaran, serta operasi.

Perangkat lunak Sage memiliki beberapa keunggulan yang sangat penting, salah satunya platform berbasis cloud. Tidak ada kebutuhan untuk mengunduh atau menginstal perangkat lunak. Software tersebut juga menyediakan uji coba gratis sebelum melakukan pembelian.

Dengan fitur pelaporan yang fleksibel dan kuat, termasuk laporan keuangan bulanan, triwulan, dan tahunan, juga laporan perbandingan antara periode waktu.

Baca juga: Macam–macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet

10. Workday ERP

Workday ERP adalah perangkat lunak ERP berbasis cloud dengan menggabungkan fungsi-fungsi penting dalam satu platform terpadu. Hal ini memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Adapun keunggulan dari Workday ERP mencakup antarmuka pengguna yang ramah dan mudah digunakan. Selain itu, analisis yang kuat untuk wawasan bisnis mendalam, serta tingkat kecepatan dan skalabilitas yang tinggi.

11. Deriota ERP

Deriota ERP merupakan brand software ERP dari Indonesia yang juga memiliki spesialisasi di industrial automation, didukung dengan software ERP yang terintegrasi, Deriota melengkapi platformnya dengan berbagai sensor robotik yang dikenal dengan internet of things (IoT).

Berasal dari Yogyakarta, Deriota telah banyak melakukan kolaborasi dengan berbagai perusahaan di Tanah Air.

12. Compiere ERP

Compiere ERP merupakan salah satu software ERP berbasis open source yang populer karena dapat digunakan secara cuma-cuma (gratis) dan open source sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Macam–macam Software Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi dan kode sumber (source code) Compiere dapat diakses secara bebas dengan lisensi Compiere Public License berdasarkan Mozilla Public License.

Kebebasan tersebut memungkinkan pengembangan Compiere dengan menambahkan modul perangkat lunak ke dalamnya. Sebagai contoh, fitur yang dimiliki oleh compiere, yaitu inventory management, purchasing, sales order, account payable, account receivable, dan general ledger.

13. Avaza

Avaza menyediakan solusi komprehensif dan terintegrasi untuk kolaborasi dalam proyek, interaksi tim, perencanaan sumber daya, pencatatan waktu, pengelolaan pengeluaran, dan proses penagihan kepada pelanggan.

Dengan mengoptimalkan software Avaza, seluruh kebutuhan manajemen proyek dan bisnis dapat dipenuhi secara menyeluruh. Software ini juga dapat menggabungkan fungsi-fungsi tersebut dalam satu platform yang efisien dan mudah untuk digunakan.

14. Epicor Software ERP

Perangkat lunak berikutnya adalah Epicor ERP adalah solusi terpadu yang dirancang untuk mendukung perusahaan dalam mengelola berbagai aspek bisnis, termasuk keuangan, produksi, manajemen inventaris, penjualan, dan layanan pelanggan.

Baca juga: Mengapa Software yang Masih dalam Pengembangan Dinamai “Beta”?

Perangkat lunak tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengakses data bisnis secara online dan terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya.

Tidak hanya itu, Epicor ERP juga menyajikan beragam fitur manajemen bisnis. Dengan begitu, Epicor dapat menjadi alat yang dapat membantu perusahaan untuk terus tumbuh dan bersaing di tengah pasar yang kian kompetitif.

15. MRP Easy

Anda pun dapat mempertimbangkan MRP Easy untuk mendukung keberlanjutan bisnis.

Untuk diketahui, MRP Easy adalah perangkat lunak akuntansi manufaktur yang canggih dan mudah dioperasikan setiap pelaku usaha. Software ini menyediakan berbagai hal yang diperlukan pebisnis untuk mengelola penjualan, produksi, pergudangan, pengadaan, administrasi, dan keuangan secara efektif.

Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, Anda dapat login kapan saja dan di mana saja menggunakan Mac, Windows, iPhone, atau Android.

Baca juga: Perusahaan Singapura Gratiskan Software BIM Berlisensi untuk Pembangunan IKN

MRP Easy juga dirancang sedemikian rupa untuk otomatisasi penuh bisnis manufaktur. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan informasi keuangan yang sempurna, teperinci, terkini, serta data real-time untuk membuat keputusan yang up to date.

16. Erporio

Erporio merupakan platform web ERP dirancang untuk membantu pengusaha dan pemilik bisnis dalam pengelolaan pemasukan dan pengeluaran dengan mudah.

Software tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur andal, seperti pencatatan transaksi, manajemen faktur, peringatan jatuh tempo, dan pelaporan pajak otomatis. Erporio juga dapat efektif membantu menghemat waktu.

Manfaat lain dari penggunaan sistem Erporio dalam bisnis, yakni membuat bisnis lebih profesional. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, setiap aktivitas bisnis dilakukan dengan menggunakan teknologi yang saling terkait sehingga membantu mempercepat mengambil keputusan dengan tepat.

Teknologi tersebut juga dapat mengakomodasi pencatatan serta membuat seluruh data administrasi. Dalam hal ini, invoice menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Baca juga: 5 Daftar Software Presentasi Video Gratis untuk Pelajar dan Karyawan

Tidak hanya itu, Erporio ERP Invoice juga dapat membuat transaksi bisnis tercatat dan memiliki pengingat kapan membayar dan kapan bisa melakukan penagihan.

Hal tersebut dapat membantu transaksi keuangan di bisnis Anda berjalan dengan cepat dan akurat. Sistem ERP Erporio lebih cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan kecil ataupun UMKM.  

17. Axonaut

Axonaut adalah perangkat lunak ERP yang mudah digunakan dan dirancang sedemikian rupa untuk menyediakan solusi CRM, penagihan, dan manajemen proyek bagi mikro, kecil, dan menengah bisnis.

Dengan Axonaut, pemilik toko dapat dengan mudah mengotomatisasi tugas-tugas yang memakan waktu. Anda pun dapat mengelola berbagi kontak dalam satu tempat.

Selain itu, Anda dapat membuat penawaran bermerek, termasuk logo bisnis dan tanda tangan elektronik. Axonaut juga memungkinkan Anda mengelola penagihan atau saldo secara berkala.

Baca juga: Permudah Kerja Desainer dan Arsitek, Dekoruma Rilis Software Thudio

Integrasi penggunaan Axonaut juga memungkinkan pemilik toko e-commerce untuk dapat mengelola arus kas, keuntungan, dan pengeluaran. Anda juga dapat menyiapkan proses ekspor, mengelola kampanye pemasaran, dan menyediakan pelanggan dengan ruang yang aman dan didedikasikan.

Itulah 17 software andal yang dapat dilirik untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Tertarik untuk menjajalnya?

Namun, dari deretan pilihan software tersebut, IDMETAFORA ERP adalah brand software ERP terbaik di Indonesia yang bisa melayani customize software ERP sesuai kebutuhan bisnis yang bisa Anda pertimbangkan. 

Terkini Lainnya
PT Mitratani Dua Tujuh Berdayakan UMKM di Kabupaten Jember
PT Mitratani Dua Tujuh Berdayakan UMKM di Kabupaten Jember
KILAS UMKM
Utamakan Kualitas, Ariffurniture.co.id Hadirkan Furnitur Jepara Unggulan
Utamakan Kualitas, Ariffurniture.co.id Hadirkan Furnitur Jepara Unggulan
KILAS UMKM
Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya: Moisturizer Eva Mulia 3x Ceramide with 5% Niacinamide
Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya: Moisturizer Eva Mulia 3x Ceramide with 5% Niacinamide
KILAS UMKM
Semarakkan Ramadhan, Yuk Kenalan dengan Jenama Lokal Nueta
Semarakkan Ramadhan, Yuk Kenalan dengan Jenama Lokal Nueta
KILAS UMKM
Top Up Game Mudah Tanpa Ribet di Lapakreload.id, Solusi Tepercaya untuk Gamers
Top Up Game Mudah Tanpa Ribet di Lapakreload.id, Solusi Tepercaya untuk Gamers
KILAS UMKM
ISWHITE Berbagi Berkah Ramadhan kepada 300 Warga Kampung Pemulung
ISWHITE Berbagi Berkah Ramadhan kepada 300 Warga Kampung Pemulung
KILAS UMKM
RSH MEDIVET Jadi Standar Baru dalam Pelayanan Kesehatan Hewan di Indonesia
RSH MEDIVET Jadi Standar Baru dalam Pelayanan Kesehatan Hewan di Indonesia
KILAS UMKM
Hadirkan Inovasi Baru, Event THINK Bold Permudah Investor untuk Investasi Lebih Aman
Hadirkan Inovasi Baru, Event THINK Bold Permudah Investor untuk Investasi Lebih Aman
KILAS UMKM
Dukung Tumbuh Kembang Anak dan Keluarga, foxandbunny Hadirkan Toko Mainan Edukasi Anak di Jakarta
Dukung Tumbuh Kembang Anak dan Keluarga, foxandbunny Hadirkan Toko Mainan Edukasi Anak di Jakarta
KILAS UMKM
Mencari Sate Taichan Terbaik di Jakarta, Cobain 5 Lokasi Berikut
Mencari Sate Taichan Terbaik di Jakarta, Cobain 5 Lokasi Berikut
KILAS UMKM
Merek Pakaian Indonesia AVL Melebarkan Sayapnya ke Pasar Amerika Serikat
Merek Pakaian Indonesia AVL Melebarkan Sayapnya ke Pasar Amerika Serikat
KILAS UMKM
Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan
Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan
KILAS UMKM
Tampil di Jakarta International Jewelry Fair 2024, Rockologist Hadirkan Koleksi Cincin Eksotis
Tampil di Jakarta International Jewelry Fair 2024, Rockologist Hadirkan Koleksi Cincin Eksotis
KILAS UMKM
Jadi Sorotan Publik, Produk Herbal Ini Bangun Awareness di KRL
Jadi Sorotan Publik, Produk Herbal Ini Bangun Awareness di KRL
KILAS UMKM
Minyak Balur Waji, Solusi Alami untuk Bantu Atasi Berbagai Keluhan Kesehatan
Minyak Balur Waji, Solusi Alami untuk Bantu Atasi Berbagai Keluhan Kesehatan
KILAS UMKM

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke