Malicca Buat Wanita Muslim Indonesia Tampil Lebih Nyaman dan Stylish

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Jumat, 29 Juli 2022
Malicca Scarf Sogo Delipark.DOK. Humas Malicca Malicca Scarf Sogo Delipark.

KOMPAS.com - Hijab merupakan kebutuhan primer yang digunakan sebagai identitas dan jati diri setiap wanita muslim atau muslimah Indonesia

Sebagai bagian dari sandang, hijab harus membuat para perempuan muslim merasa nyaman. Kenyamanan ini, salah satunya bisa Anda dapatkan dari brand hijab ternama, Malicca.

Malicca hadir membawa kebahagiaan dan kenyamanan saat Anda mengenakan hijab dan muslim fashion. Selain nyaman, brand ini juga membuat para perempuan muslim lebih stylish dan menawan.

Founder Malicca, Anggun Rachma menceritakan, brand hijab miliknya lahir dari spiritual journey saat ia sedang belajar mengenakan hijab kala itu.

Saat belajar mengenakan hijab, ia menemukan bahan penutup tubuh yang nyaman dipakai sehingga membuat muslimah menjadi lebih percaya diri.

“Bahan yang saya pakai adalah voal exclusive Malicca. Bahan ini nyaman, memiliki serat eco textile yang lebih ramah lingkungan, dan juga tidak membuat iritasi pada pemakainya,” ucap Anggun dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (28/7/2022).

Menurutnya, bahan yang ia pilih merupakan salah satu keunggulan dari bahan produk pilihan Malicca.

Terlepas dari keunggulan tersebut, Anggun menyatakan bahwa dirinya ingin semua orang, khususnya wanita bisa sama-sama merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakan hijab dan daily wear muslimah.

Dari keinginan itulah terbesit dalam dirinya untuk membentuk brand Malicca.

“Malicca terbentuk karena keinginan besar saya bisa memberikan dampak jangka panjang di kehidupan sekaligus juga menjadi ladang ibadah,” imbuh Anggun.

Terlebih, lanjut dia, dirinya ingin menciptakan pesona keanggunan dan kenyamanan saat wanita memulai belajar memakai hijab. Hal ini yang membuat Malicca menampilkan berbagai series yang identik dengan keindahan serta keanggunan dari floral.

Utamakan kualitas dan kenyamanan

Pada kesempatan tersebut, Anggun mengungkapkan, Malicca senantiasa mengedepankan sisi kualitas dan kenyamanan untuk pemakainya.

“Meskipun Malicca adalah produk lokal, Malicca tetap mengedepankan sisi kualitas dan kenyamanan untuk pemakainya,” jelasnya.

Biasanya, lanjut Anggun, brand scarves wanita dibanderol dengan harga yang terlalu mahal, atau terlalu murah. Hal ini selalu menjadi perdebatan dan menstigma pemakainya. Bahkan, tak jarang seringkali pembeli menemukan produk dengan kualitas yang buruk atau tiruan.

Berbeda dengan Malicca, ia menyatakan, harga produk brand-nya harus berbanding lurus dengan kenyamanan saat memakainya.

Sebab, Anggun menginginkan nantinya hijab Malicca menjadi salah satu pilihan wanita di seluruh Indonesia tanpa terpaku usia.

“Saya juga ingin Malicca menjadi hijab nyaman yang membuat mereka bisa tampil percaya diri dan tetap stylish saat memulai belajar mengenakan hijab,” ujarnya.

Malicca Scarf Central GI.DOK. Humas Malicca Malicca Scarf Central GI.

Turut andil bangkitkan perekonomian

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 menyerang Indonesia pada 2020 telah membuat perekonomian menjadi lesu, sehingga membuat kebangkrutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Untungnya, keadaan tersebut tidak berpengaruh untuk Malicca. Sebaliknya, brand fashion muslim ini justru semakin menggeliat sehingga ikut andil dalam membangkitkan kembali perekonomian.

Geliat itu dibuktikan Malicca dengan memberdayakan penjahit-penjahit lokal yang kehilangan pekerjaan agar dapat berkarya kembali untuk memproduksi produk-produk lokal ini.

“Selama 2020, penjualan Malicca dibuka secara online. Di penghujung 2021 hingga 2022, Malicca memberanikan diri untuk membuka booth offline store bekerja sama dengan event-event besar seperti Indonesian Fashion Week (IFW) dan Inacraft,” jelas Anggun.

Ia mengaku, awalnya Malicca hanya ingin mengenalkan produk mereka ke khalayak luas. Namun, tak disangka jika hal ini disambut baik oleh para pembeli yang menyukai produk Malicca.

Antusias pembeli tersebut secara tidak langsung membuka peluang usaha bagi jasa titip (jastip), reseller, dan dropshipper dari luar daerah yang tertarik untuk menjual kembali produk Malicca di daerahnya.

Voal exclusive Malicca dengan desain pattern yang menarik ini tidak disangka ternyata juga memiliki banyak penggemar di hati para pembeli Malicca,” imbuh Anggun.

Respons positif pembeli, lanjut dia, merupakan salah satu penanda bangkitnya UMKM secara perlahan selang masa pandemi hingga sekarang.

Apakah Anda penasaran dengan produk Malicca? Jika tertarik dengan produk ini, Anda dapat membelinya di gerai offline store Malicca, yakni di Mal Grand Indonesia East Mall Central Department Store Jakarta, Mal Grand Indonesia West Mall Seibu Department Store Jakarta, Deli Park Mall Sogo Department Store Medan, dan Big Mall Samarinda Sogo Department Store.

Untuk ke depannya, Malicca juga akan membuka offline store di Metro the Park Solo, Metro Ciputra World Surabaya, dan Metro Trans Studio Mall Makassar.

Anda pun juga bisa membeli produk Malicca secara online, yang sudah tersedia di website Malicca, Instagram, Tokopedia, Shopee, JD.ID, dan HiJup.

 

PenulisDwi Nur Hayati
EditorMikhael Gewati