Dukung Pembelajaran Anak dengan Mainan Edukasi Berbasis STEAM

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Sabtu, 25 Juni 2022
Mainan edukasi anak Edubox.DOK. Humas Edubox Mainan edukasi anak Edubox.

KOMPAS.com - Secara umum, di era serba canggih ini ada cukup banyak jenis metode pembelajaran, salah satunya science, technology, engineering, the arts, and math ( STEAM).

STEAM adalah metode pembelajaran yang menggabungkan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika untuk memandu anak dalam berdiskusi dan memecahkan masalah.

Konsep utama dari metode STEAM adalah bahwa praktik sama pentingnya dengan teori. Ini artinya anak harus menggunakan otak dan tangan secara bersamaan untuk belajar.

Kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan, karena jika anak hanya belajar teori di kelas, mereka dikhawatirkan tidak akan mampu mengikuti perubahan dinamis di dunia

Oleh karenanya metode STEAM sangat diperlukan karena memiliki beberapa manfaat. Dengan metode ini, anak akan mampu menghubungkan teori dan praktik secara efisien serta termotivasi untuk bereksperimen dengan tangan mereka secara langsung.

Baca juga: Metode STEAM Dorong Anak Menggapai Karier Impian di Masa Depan

Manfaat STEAM lainnya, yakni menginspirasi anak untuk mewujudkan ide baru. Metode ini juga mengajarkan bahwa pemecahan harus dilakukan melalui pengetahuan yang bervariasi daripada hanya bergantung pada satu subjek pengetahuan.

Metode pembelajaran STEAM sudah sangat umum di negara maju. Akan tetapi, metode ini belum diterapkan di negara berkembang, contohnya Indonesia.

Oleh karena itu, untuk mendukung kemajuan edukasi anak bangsa, aplikasi berbasis website Edubox menghadirkan proyek praktikal dan infografis di dalam satu kotak.

Melalui proyek dan praktik tersebut, Edubox menyediakan semua bahan yang dibutuhkan anak untuk membuat suatu proyek.

Tak hanya itu, setiap kotak juga disertai infografis yang menjelaskan pengetahuan di balik proyek tersebutm sehingga anak dapat belajar teori dan praktik secara bersamaan.

Kemudian ada blue print berupa instruksi step by step secara detail untuk membantu anak belajar.

Baca juga: Pemkab TTS Edukasi Masyarakat tentang Jamur Beracun Setelah 14 Orang Keracunan

Keunggulan Edubox

Selain memiliki banyak manfaat, Edubox juga unggul dalam beberapa hal.

Pertama, setiap proyek Edubox dibuat sangat menarik sehingga anak akan senang belajar hal dan kemampuan baru.

Kedua, Edubox memberi kemudahan untuk orangtua, karena semua yang dibutuhkan anak sudah tersedia di dalam setiap kotak. Dengan begitu, orangtua tidak perlu membeli bahan lainnya ataupun melakukan riset tambahan.

Ketiga, Edubox dihadirkan dalam bahasa Inggris sehingga anak juga dapat memperkaya kemampuan bahasa asing mereka.

Baca juga: Mau Jadi Kampus Internasional, PIP Makassar Kerek Kemampuan Bahasa Inggris

Keunggulan keempat, Edubox mampu meningkatkan keahlian memecahkan masalah.

Edubox juga membuat STEAM menjadi menarik dan menyenangkan serta menyediakan aktivitas dan infografis dalam satu kotak.

Dari sekian proyek Edubox, Simple Pulley: Electric Lift adalah yang paling banyak disukai anak. Ada beberapa hal yang dapat pelajari anak melalui proyek ini, salah satunya adalah katrol.

Katrol merupakan salah satu contoh mesin sederhana yang mengubah arah dan menggunakan keuntungan mekanis untuk melipatgandakan kekuatan. Hal ini guna mempermudah manusia melakukan pekerjaan.

Di samping membangun lift dengan tangannya sendiri, anak juga belajar penggunaan dinamo sebagai generator elektrik yang menghasilkan energi.

Baca juga: Amankah Menghangatkan Tubuh Menggunakan Selimut Elektrik?

Tersedia di e-commerce tepercaya

Edubox diketahui pertama kali menjual produk mereka di ecommerce Tokopedia. Meski belum lama dirilis, mainan edukasi ini mendapat antusiasme luar biasa dari banyak anak dan orangtua karena memiliki proyek yang menarik.

Dengan proyek menarik itu, orangtua juga merasa senang karena anak mereka dapat belajar hal praktikal baru dengan harga sangat terjangkau dan tentunya mengurangi screen time yang kurang bermanfaat.

Edubox membagi proyek mereka untuk dua kelompok usia, pertama anak usia enam tahun ke atas dengan proyek lebih mudah dan lebih sulit untuk anak usia 9 tahun ke atas.

Setiap proyek Edubox mengajarkan pengetahuan spesifik yang berbeda sehingga anak akan terus tertarik untuk mengerjakan proyek baru.

Baca juga: Unik! Toko Buku di Beijing Ini Punya Dinding Berputar

Untuk menjangkau lebih banyak anak, mulai 2022 Edubox sudah tersedia di berbagai toko mainan dan toko buku besar di pusat perbelanjaan di Jakarta.

Ke depannya, Edubox berharap bisa terus mengeluarkan proyek seru yang membuat anak tertarik mempelajari kemampuan dan pengetahuan baru.

Untuk mendukung kemajuan edukasi anak bangsa Indonesia, jangan lupa bagikan informasi mengenai Edubox kepada rekan yang membutuhkan.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Edubox, Anda dapat mengunjungi Instagram atau Tokopedia.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorAmalia Purnama Sari